Rabu, September 09, 2009

Kuda Laut

berawal dari liat2 album foto FB teman (si  mantan pacar cinta monyet saya waktu SD) yang berjudul "real paradise Indonesia underwater" ...saya tergugah dan terperanga melihat foto2 indah pemandangan bawah laut yang disajikan di satu album itu, salut buat si dia yang bikin album itu jadi ajang pamer keindahan laut indonesia ditambah dengan captionnya yang menjelaskan tentang objek yang difoto.
dan perhatian saya langsung tertuju pada "kuda laut", yang lain juga indah sih, tapi entah mengapa caption yang di tulis di kuda laut itu bikin saya tergugah untuk kedua kalinya. captionnya bertuliskan:


"Hippocampus (kuda laut) merupakan satu-satunya hewan yang jantannya dapat hamil. Konon kuda laut hanya memiliki satu pasangan hingga akhir masanya."


wuaaaahhh... pas saya googling ternyata memang benar kuda laut jantan itu hamil.
dari http://www.e-smartschool.com/PNU/004/PNU0040010.asp :

"Kuda laut adalah satu-satunya hewan di dunia dimana jenis jantannyalah yang hamil. Tetapi bukan berarti yang jantan yang memproduksi telur. Namun, telur tersebut tetap dihasilkan oleh betina. Tapi disimpan oleh yang jantan dalam perutnya untuk dibuahi dan dijaga antara 10 hari hingga 6 minggu hingga telur menetas. Kemudian kuda laut dilahirkan bapaknya, dalam arti lain telur-telur yang dihasilkan ibu kuda laut dipindahkan ke kantung perut sang bapak sekitar tiga mingu telur-telur kuda laut yang jumlahnya ratusan akan tinggal dalam perut sang bapak."

dan keunikan lainnya..

 

kuda laut adalah pasangan yang setia. Kebanyakan spesies dari Kuda Laut dikenal merupakan pasangan sehidup semati. Mereka hanya akan kawin dengan pasangannya. Hal ini merupakan sesuatu yang jarang terjadi di dalam dunia ikan. 



dan saya jadi berandai2..Andaikan sifat lelaki sama seperti kuda laut (mau berkorban dengan kehamilannya & setia kepada pasangan)..alangkah damainya hati para perempuan2 di dunia ini..hidup kuda laut!! :)

2 komentar:

  1. wah nasib kuda laut sama kayak buaya.
    sama-sama monogami..
    Tapi kenapa klo ada lelaki 'idung belang' dikatain buaya ya? kasian si buaya..

    BalasHapus
  2. hahaha mungkin karena buaya hidup di air n di darat..dikira istri mudanya di darat kali..wkwkwk

    BalasHapus